Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA tahun 2024. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo, di Lapangan AZ Mini Soccer Palangka Raya, Jumat malam (28/6/2024).

Dalam sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalteng, H Edy Pratowo, disampaikan bahwa O2SN menjadi momentum bagi para pelajar untuk mengaktualisasikan diri dan mencapai prestasi. “Banyak hal positif yang bisa didapatkan melalui kegiatan ini, antara lain membangun keberanian, rasa tanggung jawab, jiwa kolaborasi, pantang menyerah, dan kemandirian sebagai nilai-nilai yang diinternalisasikan peserta,” ucapnya.

Wagub Kalteng H. Edy Pratowo saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran

Wakil Gubernur Edy Pratowo menekankan bahwa dalam kompetisi, semangat untuk menang dan mencapai prestasi pribadi harus diimbangi dengan kecintaan terhadap instansi, daerah, atau negara yang diwakili. “Perjuangan pada O2SN ini bukan hanya untuk pencapaian pribadi, tetapi sebagai perwakilan Kabupaten/Kota. Bagi yang lolos dan bertanding di O2SN tingkat Nasional, mereka akan membawa spirit untuk mengharumkan nama Provinsi Kalimantan Tengah melalui jalur prestasi olahraga,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, Edy Pratowo berpesan kepada para peserta untuk terus mengembangkan bakat dan potensinya dalam bidang apapun, sehingga menjadi kebanggaan orang tua dan daerah.

 

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, M Reza Prabowo, dalam laporannya menambahkan bahwa ada delapan cabang olahraga yang dilombakan pada O2SN tahun ini, yakni Atletik, Bulu Tangkis, Karate, Pencak Silat, Renang, Senam, Bola Volly, dan Mini Soccer. “Total peserta (atlit dan pelatih) dari jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA berjumlah 1165 orang, dengan total hadiah sebesar Rp350.000.000. Pemenang dari kegiatan ini, khususnya juara 1, akan berangkat untuk bertanding pada olimpiade tingkat Nasional bulan Agustus 2024 mendatang,” tambahnya.

Plt. Kadisdik Kalteng Muhammad Reza Prabowo saat menyampaikan laporan

O2SN tahun 2024 diikuti oleh 14 Kabupaten/Kota, yaitu Barito Selatan (79 orang), Barito Timur (70 orang), Barito Utara (86 orang), Gunung Mas (55 orang), Kapuas (84 orang), Katingan (79 orang), Kotawaringin Barat (87 orang), Kotawaringin Timur (88 orang), Lamandau (94 orang), Murung Raya (57 orang), Pulang Pisau (78 orang), Sukamara (88 orang), Seruyan (85 orang), dan Palangka Raya (87 orang).

 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Prov Kalteng, Maskur, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Kalteng, serta Kepala Sekolah Kabupaten/Kota se-Kalteng.

 

Pembukaan O2SN 2024 ini diharapkan dapat menjadi ajang yang tidak hanya memupuk semangat kompetisi, tetapi juga membangun karakter dan kecintaan terhadap olahraga bagi siswa-siswi di Kalimantan Tengah. Dengan dukungan penuh dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, para pelajar diharapkan dapat mencapai prestasi yang membanggakan di tingkat nasional dan membawa nama baik Kalteng.